Rangkaian Logika

Pengertian

Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logis. Simbol aljabar boolean nilai 1 bisa disebut Benar (True) atau Tinggi (High) dan nilai 0 bisa disebut Salah (False) atau Rendah (Low).

Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

Jenis - Jenis

Gerbang logika memiliki 7 jenis yang dapat membentuk sebuah sistem digital elektronika, yaitu :
  1. Gerbang AND
  2. Gerbang OR
  3. Gerbang NOT
  4. Gerbang NAND
  5. Gerbang NOR
  6. Gerbang XOR (Eksklusif OR)
  7. Gerbang XNOR (Eksklusif NOR)
Berikut Tabel Kebenarannya :

Penjelasan :

1. Gerbang AND (AND Gate)

Gerbang AND memerlukan 2 atau lebih Masukan (Input) untuk menghasilkan 1 Keluaran (Output). Gerbang AND jika semua Masukan (Input) bernilai 1 maka menghasilkan Keluaran (Output) 1 dan jika salah satu Masukan (Input) bernilai 0 maka menghasilkan Keluaran (Output) 0.

Simbol yang menandakan Operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (“.”) atau tidak memakai tanda sama sekali. Contohnya : Z = X.Y atau Z = XY.

2. Gerbang OR (OR Gate)

Gerbang OR memerlukan 2 atau lebih Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang OR jika salah satu Masukan (Input) bernilai 1 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 dan jika semua Masukan (Input) bernilai 0  maka akan menghasilkan Keluaran (Output) 0.

Simbol yang menandakan Operasi Logika OR adalah tanda Plus (“+”). Contohnya : Z = X + Y.

3. Gerbang NOT (NOT Gate)

Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang NOT disebut juga dengan Inverter (Pembalik) karena menghasilkan Keluaran (Output) berlawanan (kebalikan) dengan Masukan atau Inputnya. Berarti jika ingin mendapatkan Keluaran (Output) nilai 0 maka Masukan (Input) harus bernilai 1.

Gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus (“-“) di atas Variabel Inputnya.

4. Gerbang NAND (NAND Gate)

Arti NAND adalah NOT AND, Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran (Output) 0 apabila semua Masukan (Input) 1 dan jika terdapat sebuah Masukan (Input) bernilai 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) 1.

5. Gerbang NOR (NOR Gate)

Arti NOR adalah NOT OR, Gerbang NOR merupakan kombinasi dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran (Output) 0 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1 maka semua Masukan (Input) harus 0.

6. Gerbang XOR (XOR Gate)

X-OR adalah singkatan dari Exclusive OR yang terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). Gerbang X-OR akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 jika semua Masukannya (Input) mempunyai nilai berbeda. Jika nilai Masukannya (Input) sama, maka akan menghasilkan Keluaran (Output) 0.

7. Gerbang XNOR (XNOR Gate)

X-NOR terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). X-NOR adalah singkatan dari Exclusive NOR dan merupakan kombinasi dari Gerbang X-OR dan Gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 jika semua Masukan (Input) bernilai sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) 0 jika semua Masukan (Input) bernilai berbeda.
*(Kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR)).

Postingan populer dari blog ini

Komponen Elektronika dan Contoh soal Kapasitor dan Resistor

Anoda - 7 Segmen